Penyebab do'a tidak dikabulkan dalam kitab tanbihul ghofilin

Penyebab di tolaknya doa seorang hamba, Untuk mengetahui hal-hal yang menyebabkan terhijabnya (ditolak) dari doa-doa seorang hamba maka kita harus mengetahui apa saja kelakuan kita yang menyebabkan do’a kita tidak terkabul.

Ulama’ yang bernama i;mam al fakih annasr bin Muhammad bin ibrohim pengarang kiatb tanbihul ghofilin, Belia berkata dalam kitabnya yang pada intinya Penyebab doa’ tidak di kabulkan oleh Allah SWT itu ada 3 macam. Yaitu:

Sebab-sebab doa terhijab (ditolak)

  1. Do’a hanya di mulut saja, maksudnya adalah jika seorang yang berdo’a mulutnya bergerak namun hatinya lupa sama sekali tidak mengharapkan kepada Allah, bahkan ia lupa bahwa ia sedang berdo’a., demikian tersebut contoh dari do’a hanya di mulut saja. Andai saja anda berdoa dalam hati namun mulut tidak bergerak hal itu bahkan lebih baik.
  2. Pernah menyakiti orang lain sedikit namun berulang kali atau sekali namun sangat menyakitkan, jika seseorang pernah merasa menyakiti seseorang dan belum di maafkan oleh orang yang di sakiti (di dzolimi) maka do’a orang tersebut (yang menyakiti) tidak akan pernah terkabul, orang yang disakiti tersebut bisa jadi tetangga, teman dekat, orang tua, istri, suami dan lain sebagainya sekira dia adalah anak adam, bahkan yang di sakiti (yang di dzolimi) do’anya akan langsung terkabul dalam kedaan sedang di dzolimi, jadi hati-hatilah kepda do’a orang yang terdzolimi atau teraniaya, nabi bersabda “ Do’a seorang yang di dzolimi akan terkabul”
  3. Ada barang halal dalam perutnya, jika seseorang pernah memakan barang haram (tidak halal) bisa jadi karena hasil mencuriu atau hasil riba maka do’a orang tersebut tidak akan pernah di kabulkan (terhijab), lalu bagaiman jika sudah terlanjur? Maka senantiasa bertaubat kepada Allah SWT.

Demikialah sharing kami tentang Penyebab-penyebab do’a yang tidak di kabulkan (terhijab) dan di tolak, selama ini mungkin para pemirsa bisa merasakan apakah penyebab=-penyebab do’a kita tidak di kabulkan? Semog bermanfaat,.
Share this article :
+
Previous
This is the oldest page
0 Komentar untuk "Penyebab do'a tidak dikabulkan dalam kitab tanbihul ghofilin"

Kirim pertanyaan anda

Terima Kasih Sudah Berkomentar
 
Copyright © 2014 MATERI KITAB - All Rights Reserved
Template By. Kunci Dunia
Back To Top