Lafadz Niat membayar zakat fitrah

Lafadz Niat membayar zakat fitrah, Baiklah pemirsa blog materikitab.blogspot.com, Sebentar lagi kita akan membayar zakat fitrah karena wajib hukumnya baik dalam keadaan miskin atau kaya zakat fitrah itu wajib hukumnya. namanya saja zakat fitrah, fitrah atau fitri berarti kita akan menzakati (membersihkan) fitrah kita sebagai manusia, sehingga kalau ada seorang anak yang baru lahir sekalipun jika tepat di bulan ramadhan juga wajib di bayarkan zakat.

untuk waktu membayar/mengeluarkan zakat bisa kita mulai saat bulan Ramadhan tiba, namun pada umumnya memang di ahir bulan ramadhan di malam ha min 2 dari hari raya idul fitri, dan waktu akan berahir setelah khotib turun dari mimbar khutbah, jadi jika khotib telah turun dari mimbar setelah khutbah maka waktu pembayaran zakat fitrah telah berahir/habis, jika tetap kalian lakukan maka harta kita tidak di anggap sebagai zakat namun sebagai sodaqoh biasa (tidak menggugurkan kewajiban zakat). maka usahakan jangan terlalu mepet jika akan mengeluarkan zakat agar tidak terlambat.

Lalu bagaimana sih niat zakat fitrah?, Sebenarnya letak niat itu dalam hati namun sebagai penuntun hati maka kita di sunnahkan untuk melafalkan juga niatnya tersebut, baiklah langsung saja demikianlah lafadz-lafadz niat mengeluarkan zakat fitrah baik untuk diri sendiri, anak, suami atau yang lainnya:

Lafadz Niat membayar zakat fitrah

artinya:
Niat zakat untuk diri sendiri:
"Aku berniat mengeluarkan zakat untuk diriku sendiri".

Niat Zakat Fitrah untuk Istri :
"Aku berniat mengeluarkan zakat untuk istriku".

Niat Zakat Fitrah untuk Anak Laki-laki "Aku berniat mengeluarkan zakat, untuk anak saya".

Niat Zakat Fitrah untuk Anak Perempuan :
"Aku berniat untuk mengeluarkan zakat dari putriku",

Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga
"Aku berniat untuk mengeluarkan zakat, dan semua yang ada di keluargaku".

Niat Zakat Fitrah untuk orang yang Diwakilkan :
"Aku berniat untuk mengeluarkan zakat dari ..... (Sebutkan nama orang yang di maksud)

Demikianlah tadi lafadz-lafadz niat meneluarkan zakat fitrah, untuk zakat yang di bayarkan sebaiknya berupa bahan makanan pokok bukan uang, kalau punyanya uang tidak punya bahan pokok semisal beras maka belikan saja uangnya untuk mendapatkan berasnya baru bayarkan menggunakan beras, inilah yang di ajarkan rosulullah Saw. semoga bermanfaat.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Lafadz Niat membayar zakat fitrah"

Kirim pertanyaan anda

Terima Kasih Sudah Berkomentar
 
Copyright © 2014 MATERI KITAB - All Rights Reserved
Template By. Kunci Dunia
Back To Top