Keutamaan menahan amarah sesuai Alquran dan hadits

Keutamaan menahan amarah sesuai Alquran dan hadits Nabi, Baiklah pemirsa blog materikitab.blogspot,com Akan saya bagikan tentang hadits tentang menahan amarah, Menahan marah atau amarah ternyata ada keutamaan yang sangat menggiurkan, namun nyatanya memang sangatlah sulit dan butuh perjuangan, sehingga jika kalian mampu dan berhasil menahan amarah maka Allah akan membalasanya sesuai hadits yang akan kami sebutkan di bawah ini serta Ayat alquran.

Salah satu keutamaan menahan amarah adalah Agar kita bisa mendapatkan bidadari yang kita sukai, maka tahanlah kemarahanmu, bukan malah sebaliknya.

Sesuai hadits Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam yang berbunyi:

مَنْ كَظَمَ غَيْظًا وَهُوَ قَادِرٌ عَلَى أَنْ يُنْفِذَهُ دَعَاهُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ عَلَى رُءُوسِ الْخَلاَئِقِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ حَتَّى يُخَيِّرَهُ اللَّهُ مِنَ الْحُورِ مَا شَاءَ

yang artinya: "Barangsiapa yang menahan kemarahannya padahal dia mampu untuk melampiaskannya maka Allah 'Azza wa Jalla akan memanggilnya (membanggakannya) pada hari kiamat di hadapan semua manusia sampai (kemudian) Allah membiarkannya memilih bidadari bermata jeli yang disukainya".

HR. Abu Dawud (no. 4777), At-Tirmidzi (no. 2021), Ibnu Majjah (no. 4186) dan Ahmad (3/440), dinyatakan hasan oleh Imam at-Tirmidzi.

Keterangan di samoaikan juga dari Al Imam Ath-Thiibi yang berkata, "(Perbuatan) menahan amarah dipuji (dalam hadits ini) karena menahan amarah berarti menundukkan nafsu yang selalu menyuruh kepada keburukan", oleh karena itu Allah Swt. memuji mereka dalam firmanNya,

وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ

"Dan orang-orang yang menahan amarahnya serta memaafkan (kesalahan) orang lain. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan." (QS. Ali ‘Imran:134)"

(Dinukil oleh al-‘Azhiim Abadi dalam kitab ’Aunul Ma’buud (13/95)).

Dari uraian tentang hadits serta ayat alquran tentang marah di atas maka bisa kita ambil kesimpulan bahwasanya menahan amarah adalah anjuran yang yang perlu kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari apalagi kita sudah berumah tangga maka harus pandai-pandai menahan amarah di hadapan sang istri/suami. selain agar mendapatkan balasan kelak di ahirat menahan amarah juga bisa membuat situasi selalu harmonis. semoga kita tergolong ummat yang tidak sering marah.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
2 Komentar untuk "Keutamaan menahan amarah sesuai Alquran dan hadits"

apalagi di kota jakarta yang serba macet terkadang di klason orang juga bikin marah yah mas ! sabar sabar

Ralabuma, Ya mas.. Salah satu solusinya saat akan marah selalu ingat hadits di atas

Kirim pertanyaan anda

Terima Kasih Sudah Berkomentar
 
Copyright © 2014 MATERI KITAB - All Rights Reserved
Template By. Kunci Dunia
Back To Top