Asal mula nama Kitab Usfuriyah

Usfuriyah adalah kata dari bahasa arab yaitu kata dasarnya ''usfurun'' yang mempunyai arti ''burung pipit/emprit) kemudian di tambah kata kebangsaan di ahir kata yaitu berupa ya' nasabiyah sehingga mempunyai arti ''sebangsa burung pipit''. Apakah maksud dari semua ini penyebab dari penamaan sebuah kitab Usfuriyah ini..?

Jadi di sini akan saya uraikan kisah asal mula dari kitab usfuriyah yang cukup terkenal di kalangan pesantren. dan kisah ini saya ambil dari kitab usfuriyah itu sendiri dan dengan gaya bahasa saya sendiri yang saya tuangkan pada blog  materikitab.blogspot.com ini agar bisa dirasakan oleh semua kalangan atas hikmah yang tetkandung dalam kisah ini. Baiklah langsung saja demikianla kisahnya:

''Dari umar Ra. Ketika beliau berjalan di di madinah maka beliau melihat seorang anak yang pada tangannya kedapatan seekor burung pipit (jawa:emprit) dan mempermainkan anak pipit tersebut, maka melihat hal tersebut shohabat Umar merasa kasihan kepada burung pipit yang dibuat mainan tadi.

Kemudian Shohabat umar rela membelinya dari kecil tadi kemudian membebaskan burungnya. Dan ketika shohabat umar wafat maka para ulama' besar bermimpi dan dalam mimpi tersebut mereka menayakan dengan yang telah beliau perbuat '' apa yang Allah perlakukan kepadamu'' Umar menjawab ''Allah mengampuniku dan membalas kebaikanku'' Para ulama' tadi bertanya lagi ''apa karena sifat arismu, atau karena sifat kau menjauhibmaksiat, atau karena sifat zuhudmu?''

Umar menjawab ''saat kalian meletakkanku di liang kubur dan kalian telah menutupiku dengan debu dan kemudian meninggalkanku sendirian, maka masukklah dua malaikat yang sangat menakutkan hingga akalku terbang dan cerai berai, kemudian kedua malaikat tadi memegangku dan mendudukkanku untuk mengharap memberi pertanyaan kepadaku.

Kemudian saya mendengar suara tanpa rupa ''Tinggalkanlah hambaku, jangan kalian menakut-nakutinya. Sesungguhnya saya memberi blas kasih kepadanya dan membalas kebaikannya, karena sesungguhnya ia telah mengasihi seekor burung emprit (pipit) di dunia, maka saya mengasihinya di ahirat'' hasil terjemahan sendiri dari kitab usfuriyah hlm 2, jika ada yang salah maka mohon masukannya yang sifatnya membangun''

Demikianlah Kisah asal mula kitab usfuriyah, kini burung pipit tadi lestari menjadi sebuah nama kitab.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Asal mula nama Kitab Usfuriyah"

Kirim pertanyaan anda

Terima Kasih Sudah Berkomentar
 
Copyright © 2014 MATERI KITAB - All Rights Reserved
Template By. Kunci Dunia
Back To Top