Ramadhan tiba saatnya berbagi rasa

Ramadhan tiba saatnya berbagi rasa, Baiklah pemirsa blog materikitab, setelah kami share tentang orang-orang yang tidak akan tersentuh api neraka kali ini akan saya bagikan tentang indahnya Ramadhan. Bulan Ramadhan sudah berjalan 15 hari, berarti separuh bulan ramadhan telah terlewati, di tengah-tengah Kesibukan kita khususnya di wilayah perkotaan, apakah kita masih sempat untuk meluangkan waktu untuk menyongsong bulan ramadhan?, apakah kita masih sempat menggiatkan ibadah saat bulan ramadhan?, apakah masih sempat kita melakukan sholat tarowih? apakah masih sempat kita berteman Alquran setiap malamnya? entah sempat atau tidak jika kita di wilayah perkotaan saya rasa masih memiliki sebuah kesempatan untuk beralasan "aktifitas padat", sibuk atau yang lainnya yang di angap itulah kesuksesanya.

Hai shobat, bapak dan ibu, tahukah kalian beberapa keistimewaan bulan Ramadhan yang masih kita lalui ini? yaitu bulan yang penuh ampunan, Rosulullah bersabda yang artinya: "Barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan atas dasar Iman dan Mengharapkan rida Allah maka akan di ampuni dosa-dosa yang telah lewat"

Coba kalian hayati bunyi hadits di atas secara mendalam, nantinya kita akan menemukan sebuah kesempatan besar dalam membersihkan diri di bulan suci ramadhan ini, artinya kita memiliki sebuah kesempatan untuk membersihkan diri dari segala dosa yang selama ini kita perbuat dengan cara berpuasa bulan Ramadhan, namun ingat puasa ramadhan yang dengan syarat:

  1. Atas dasar Iman
  2. Atas dasar Ridha Allah

Memangnya ada orang yang puasa bulan Ramadhan bukan atas dasar Iman dan Ridha Allah? jika ada hadistnya memberikan batasan-batasan tersebut tentunya ada, semisal dia berpuasa atas dasar ingin di puji oleh sang pacar, puasa atasa dasar malu sama tetangga dan lain sebagainya, jadi jika kalian ingin di ampuni dosa-dosanya yang telah lewat maka silahkan kalian periksa niat dan tujuan kalian berpuasa, dan sebaiknya berpuasa atas dasar Iman dan Mengharapkan Ridha (di cintai) Allah Swt.

Sempurnakan Puasa bulan ramadhan dengan 3 hal

Hai shobat, ibu bapak dan pemirsa sekalian, penyempurna sholat lima waktu yaitu solat rowatib lebih-lebih yang sunnah muakkadnya, sedangkan Puasa ramadahn ini akan tambah sempurna jika kalian melakuakn ketiga hal ini:

1. Sholat tarowih

Ya, sholat tarowih yang dilaksankan oleh ummat islam setiap malam bulan ramadahan itu tidaklah wajib namun sebagai penyempurnya sehingga wajar jika banyak yang ingin melaksanakannya karena kebanyakan mereka juga ingin terlihat sempurna,

2. Tadarrus Al-Qur'an

Ya, tadarrus atau membaca al-quran secara terus menerus baik di rumah maupun di masjid atau musholla, tidak harus di masjid saja, dimanapun anda berada yang penting tempat bersih dan suci maka hendaknya terus tadarrus membaca al-qur'an, kalian yang membaca al-quran baik yang tahu artinya atau tidak semua akan dapat pahala

3. Sedekah

Nah yang terahir ini adalah sedekah atau sodaqoh, infak atau apalah namanya yang pada intinya memberikan barang/harta kepada mereka yang membutuhkan secara sukarela (ihlas) tanpa mengharapkan imbalan sama sekali, ya sekarang saatnya kita akan belajar sedekah walaupun sedikit namun ihlas. di era modern ini enakknya dalam penyebutan sedekah ini adalah berbagi, yaitu berbagi dengan sesama, bukan hanya berbagi cerita namun juga rasa kita bagikan kepada orang-orang di sekeliling kita bahkan yang lebih membutuhkannya.

Jangan sampai kita merasakan nikmatnya Sirup Marjan, namun mereka tidak bisa merasakannya, kita bisa merasakan betapa nikmatnya makanan seperti hamberger, fredcicken dan lain sebagainya namun mereka hanya menonton, kita merasakan asyoknya bermain android tapi mereka hanya bisa melongo dan memegang kantong plastiknya, jadi marilah saatnya kita berbagi apalagi di bulan ramadahan ini maka berbagi kita akan lebih terasa karena mereka dalam keadaan puasa. lalu seperti apa dan bagamana sedekah yang bagus itu?

Sedekah yang bagus yaitu memberikan dengan tangan kanan tanpa tangan kiri tahu, artinya jangan sampai kita memberikan sesuatu barang semisal baju koko, tas cantik, kerudung, mukena, Ponsel android dan lain sebagainya kepada seseorang dengan memilki harapan di puji oleh orang lain atas kebaikan kita, namun kalau bisa simpanlah, jangankan orang lain tangan kiripun kalau bisa jangan sampai tahu. Inilahn menurut rasul lebih dahsyat dari pada besi, api, air bahkan angin yaitu "sedekahnya orang yang menggunakan tangan kanan sedang tangan kirinya tidak mengetahuinya".


Ramadhan tiba saatnya berbagi rasa
Foto : celotehkiky.com


Kehebatan Sedekah secara sembunyi-sembunyi


Hal ini tertera dalam kitab terjemah Durrtunnasihin yang pernah saya baca karena saya memilkinya juga yaitu ebagai berikut :

Dari Anas ra. berkata Nabi Muhammad SAW bersabda "Setelah Allah SWT menciptakan bumi yang selalu berguncang, maka Allah menciptakan gunung-gunung dan diletakkan di atasnya, sehingga bumi itu tenang. para malaikat kagum dan bertanya "ya Tuhanku Apakah ada di antara makhluk-Mu yang lebih berat daripada gunung-gunung itu?" Allah berfirman ya, besi.'

Mereka bertanya lagi "apakah ada di antara makhluk-Mu yang lebih dahsyat dari pada besi?" Allah berfirman ya, ada api.' Mereka bertanya "ya Tuhanku Adakah di antara makhluk Mu yang dahsyat daripada api Allah berfirman "ya ada air.' Mereka bertanya "ya Tuhanku Adakah di antara makhluk Mu yang lebih dahsyat daripada air?" Allah berfirman "ya Ada yaitu angin. Mereka bertanya "ya Tuhanku Adakah di antara makhluk Mu yang lebih dahsyat dari pada angin?" Allah berfirman "ya Ada yaitu anak cucu Adam yang bersedekah dengan tangan kanannya secara rahasia, sehingga tangan kirinya tidak mengetahuinya. itulah yang lebih dahsyat daripada angin itu."

Tertera juga dalam hadits shohih yang pernah saya baca dan saya pun juga memilki kitabnya yang berbunyi sebagai berikut:


عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : سَبْعَةٌ يُظِلُّهُمُ اللهُ فِيْ ظِلِّهِ يَوْمَ لَا ظِلَّ إِلَّا ظِلُّهُ: اَلْإِمَامُ الْعَادِلُ، وَشَابٌّ نَشَأَ بِعِبَادَةِ اللهِ ، وَرَجُلٌ قَلْبُهُ مُعَلَّقٌ فِي الْـمَسَاجِدِ ، وَرَجُلَانِ تَحَابَّا فِي اللهِ اِجْتَمَعَا عَلَيْهِ وَتَفَرَّقَا عَلَيْهِ ، وَرَجُلٌ دَعَتْهُ امْرَأَةٌ ذَاتُ مَنْصِبٍ وَجَمَالٍ ، فَقَالَ : إِنِّيْ أَخَافُ اللهَ ، وَرَجُلٌ تَصَدَّقَ بِصَدَقَةٍ فَأَخْفَاهَا حَتَّى لَا تَعْلَمَ شِمَالُهُ مَا تُنْفِقُ يَمِيْنُهُ ، وَرَجُلٌ ذَكَرَ اللهَ خَالِيًا فَفَاضَتْ عَيْنَاهُ

Artinya: Dari Abu Hurairah Ra, dari Nabi SAW., Beliau bersabda, "Tujuh golongan yang dinaungi Allah dalam naunganNya pada hari dimana tidak ada naungan kecuali naunganNya: yaitu 1). Imam yang adil, 2). Seorang pemuda yang tumbuh dewasa dalam taat kepada Allah, 3). seorang yang hatinya bergantung ke masjid, 4). Dua orang yang saling mencintai karena Allah, keduanya berkumpul karenaNya dan berpisah karenaNya, 5). Seorang laki-laki yang diajak berzina oleh seorang wanita Cantik dan yang mempunyai kedudukan/drajat mulya, lalu ia berkata, "Sesungguhnya aku takut kepada Allah".’ Dan 6). Seseorang yang bershodaqah dengan satu shodaqah lalu ia menyembunyikannya sehingga tangan kirinya tidak tahu apa yang diinfaqkan tangan kanannya, serta 7). Seseorang yang berdzikir kepada Allah dalam keadaan sepi lalu ia meneteskan air matanya." (HR. Bukhari : 660, 1423, 6479, 6806, Muslim : 1031/91, At-Tirmidzi : 2391, Ahmad ; II/439, At-Tirmidzi : 2391, An-Nasai : viii/222-223)

Perhatikan pada tulisan yang berwarna kuning adalah salah bukti Kehebatan sedekah dengan cara sembunyi-sembunyi, sehingga tangan kirinya tidak tahu yaitu sebagai ibarat.

Lalu bagaimana caranya sedekah seperti itu? mudah saja kamu seleksi saja siapa saja orang-orang yang berhak menerima pemberian dari kamu, bisa atas rekomendasi teman yang dapat di percaya atau kamu pilih-pilih sendiri, hal ini jangan terlalu di pilih-pilih karena saya rasa semua juga butuh ;)

Kemudian kamu catat semua alamat lengkapnya tanpa di ketahui oleh mereka, yang bisa kalian dapatkan dari orang yang kamu tunjuk sebagai pencari target sedekah selanjutnya: "Belanja" barang yang kira-kira ia butuhkan, apalagi belanja Online kini lebih mudah dan simple, bisa kalian belanja di bukalapak, tokopedia, mataharimal atau yang lainnya, atau bisa melalui toko online Elevenia yang banyak discounnya apalagi di bulan ramadahan ini, di elevenia juga banyak pilihan alat-alat ibadah seperti:

Ramadhan tiba saatnya berbagi rasa
Foto : duta.co


1. Gamis, Yaitu baju muslim yang kalem elegan dan menawan, jadi sangat cocok uga untuk kamu sedekahkan ke orang-orang yang memang membutuhkannya kamu bisa pesan secara online di elevenia karena banyak diskon hinga 50%.

2. Baju Koko, Baju koko ini baju pria yang terlihat islami, kalem dan cakep

3. Perlengkapan bayi, bisa kamu sedekahkan kepada mereka yang kebetulan memilki anak kecil namun kebutuhan terlihat serba kekurangan dengan sedekah anda semoga bisa mereka rasakan juga betapa indahnya bulan Ramadhan tahun ini

4. Hanphon, Bagi kalian yang ingin membelikan seperti hanphon atau android, di elevenia banyak sekali loch,

5. Mukena, Mukena adalah kado yang paling cocok menurut saya saat Ramadhan dan menjelang ramadhan ini, nah bagi kalian yang ingin menyedekahkan sebagaian harta kalian untuk anak kecil perempuan maka bisa kalian belikan Mukena cantik katun jepang, di elevenia mumpung sekarang lagi diskon besar-besaran.

Selanjutnya kamu bisa membelinya dengan rezeki kamu miliki sebagai rasa syukur agar lebih bertambah rezekinya karena Allah telah berfirman"

"Jika kamu mau bersyukur maka niscaya saya akan menambah nikmat tersebut, dan jika kalian kufur atas nikmatku (tidak mau bersyukur) maka sesungguhnya adzabku sangatlah pedih"

dan kamu tujukan dengan alamat orang-orang yang akan kamu beri sedekah tadi, dengan begitu mereka tidak akan tahu siapa pengirimnya namun mereka pasti menerimanya, karena toko online elevenia sudah dapat di percaya, banyak membernya dan mudah transaksinya.

Si penerima nanti hanya akan melihat nama pengirimnya (Penjual) sehingga kita akan aman untuk di ketahui, alhasil Ibadah kita "Sedekah" akan di anggap oleh Alah sedekah yang Hebat dari pada batu, besi, api, air dan angin" semua kalah kekuatannya jika ada orang sedekah dengan cara semacam ini (sembunyi-sembunyi) dan orang semacam ini juga kelak di hari kiamat akan mendapatkan perlindungan dari Allah di saat tiada perlindungan selain dari perlindunganNya. subhanallah semoga kita tergolong ummat yang cinta berbagi kepada sesama amin.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Ramadhan tiba saatnya berbagi rasa"

Kirim pertanyaan anda

Terima Kasih Sudah Berkomentar
 
Copyright © 2014 MATERI KITAB - All Rights Reserved
Template By. Kunci Dunia
Back To Top