Kriteria Amil yang boleh menerima zakat

Kriteria Amil yang boleh menerima zakat, Baklah langsung saja berikut iji akan saya share tentang kriteria amil zakat yang boleh menerima zakat, Karena banyak yanh terjadi di lapangan, banyak orang di masjid dapat zakat padahal mereka hanya ikut-ikutan sebagai amil zakat bahkan terkadang hanya bantu-bantu buka kresek aja pulang sudah bisa bawa zakat.

Maka kiranya sangat penting untuk di ketahui oleh para penggerak masjid khususnya tentang kriteria amil zakat seperti apa.

والعامل من استعمله الامام على اخد الصدقات و دفعها لمستحقيها

Amil adalah orang yang telah dipergunakan/diperintah imam ( minimal pak camat ) untuk mengambil zakat dan menyerahkannya kepada yang berhak. (ashnaf atau mustakhik zakat)

Kalau ada panitia zakat yang dibentuk sendiri tanpa diangkat oleh pak camat , berarti bukan amil, dan tidak mendapat bagian zakat tersebut. Tapi mereka dapat ujroh / uang lelah.

Pertanyaannya : darimanakah ujroh itu kita dapatkan ?

Seharusnya muzakki ( orang yang zakat ) peka akan keadaan ini, yang aturan zakat 2,5kg ( ikut umum ) kita harus keluarkan 3kg, 2,5kg untuk zakat kita, yang 0,5 kg untuk diinfaqkan ke panitia . kalau bisa begini baru cocok ( menurut pemahaman saya )

Jadi muzakki pun harus cerdas, selain bayar zakat juga harus kasih infaq pada panitia. ( Nitip kok gak kasih ongkos , hehe )

Alhasil selama ini banyak panitia zakat yang dapat yang bukan bagian mereka.

Namun pada kenyataannya memanglah sulit menerapkannya, setidaknya kita bisa meminimalisir keadaan yang carut-marut dalam pembagian zakat. dan pastikan amil-amil yang bekerja hanyakah amil-amil yang telah di tentukan oleh takmir masjid atau pemimpin setempat.

Ayo jadi Muzakki yang cerdas ...!!!

Itulah pentingnya belajar ilmu, BUKAN BELAJAR NGEYEL NGIKUTIN LOGIKA

Sumber: Pengalaman di pesantren dan di masjid
kutipan dari : Sukron makmun al ceremoni
Share this article :
+
Previous
Next Post »
2 Komentar untuk "Kriteria Amil yang boleh menerima zakat"

Kalau yg menunjuk bpk kades,termasuk amilkah yi...

Kirim pertanyaan anda

Terima Kasih Sudah Berkomentar
 
Copyright © 2014 MATERI KITAB - All Rights Reserved
Template By. Kunci Dunia
Back To Top