Orang yang tidak akan tersentuh api neraka

Orang yang tidak akan tersentuh api neraka, Baiklah pemirsa blog materikitab.blogspot.com akan saya bagikan tentang orang-orang yang di haramkan disentuh api neraka sesuai hadits nabi berikut teks haditsnya:

‎ﻋَﻦِ ﺍﺑْﻦِ ﻣَﺴْﻌُﻮﺩٍ، ﻋَﻦِ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲِّ - ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ - ،ﻗَﺎﻝَ : ﺃَﻻَ ﺃُﺧْﺒِﺮُﻛُﻢْ ﺑِﻤَﻦْ ﺗُﺤَﺮَّﻡُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺍﻟﻨَّﺎﺭُ؟ ﻗَﺎﻟُﻮﺍ : ﺑَﻠَﻰ ﻳَﺎ ﺭَﺳُﻮﻝَ ﺍﻟﻠﻪِ، ﻗَﺎﻝَ : ﻋَﻠَﻰ ﻛُﻞِّ ﻫَﻴِّﻦٍ، ﻟَﻴِّﻦٍ، ﻗَﺮِﻳﺐٍ، ﺳَﻬْﻞٍ

Artinya: "Dari Ibnu Mas'ud, dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam ia berkata: "Maukah kalian aku tunjukkan orang yang diharamkan baginya api neraka?" Para sahabat berkata, "Mau, wahai Rasulallah!" Beliau menjawab: " Yaitu : orang yang hayyin (orang yg memiliki ketenangan dan keteduhan lahir maupun batin, tidak mudah memaki, melaknat serta teduh jiwa nya), layyin (orang yg lembut dan santun, baik dalam bertutur-kata atau bersikap, tidak kasar, tidak semaunya sendiri serta selalu menginginkan kebaikan untuk sesama manusia.), qarib ( akrab, ramah diajak bicara, menyenangkan bagi orang yg diajak bicara serta murah senyum jika bertemu.), dan sahl (orang yg tidak mempersulit sesuatu dan menyari penyelesaian bagi setiap permasalahan) (H.R. At-Tirmidzi dan Ibnu Hiban).

Dari hadits di atas bisa kita tarik sebuah pemahaman bahwasanya ada 4 macam golongan orang yang tidak akan disentuh oleh api neraka yaitu:

1. Hayyin, yaitu orang yang selalu memiliki ketenangan dan keteduhan baik lahir maupun batin, tidak mudah memaki, melaknat.

2. Layyin, yaitu orang-orang yang lemah lembut dan santun, baik dalam bertutur-kata atau bersikap, tidak kasar, garang tidak semaunya sendiri dan selalu menginginkan kebaikan untuk sesama umat manusia.

3. Qarib, yaitu orang-orang yang akrab, ramah diajak bicara, menyenangkan bagi orang yang diajak bicara serta murah senyum jika bertemu.

4. Sahl, Secara lafadz orang yg tidak mempersulit sesuatu dan menyari penyelesaian bagi setiap permasalahan)

Demikianlah tadi tentang golongan yang tidak akan tersentuh api neraka, Semoga kita tergolong orang yang selamat dari api neraka.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Orang yang tidak akan tersentuh api neraka"

Kirim pertanyaan anda

Terima Kasih Sudah Berkomentar
 
Copyright © 2014 MATERI KITAB - All Rights Reserved
Template By. Kunci Dunia
Back To Top