5 Hukum Membaca Bismillah saat Beraktifitas

5 Hukum Membaca Bismillah, Berikut ini adalah kajian tentang hukum-hukum membaca Bismillah saat beraktifitas, kajian ini saya ambil dalam kitab nailurroja syeh ahmad bin umar asy-syathiri al-alawi al khusaini (wafat 1360 h/1941 m).

Macam-macam hukum membaca bismillah

Pada blog yang satunya yaitu ipmtaqwa.blogspot.com saya juga pernah membahas tentang macam-macam hukum membaca bismillah namun pada saat membaca Al-quran, dan kali ini akan saya bahas hukum-hukum membaca bismillah pada saat beraktifitas yang saya temukan dalam kitab nailurroja agar saya tidak lupa jadi saya simpan di blog ini dan agar anda juga bisa mengetahuinya juga. Baiklah langsung saja demikianlah 5 hukum membaca bismillah :
  1. Wajib
  2. Haram
  3. Sunnah
  4. Makruh
  5. Mubah
Dan demikianlah uraian 5 macam hukum membaca bismillah di atas:

1. Wajib
Hukumnya wajib membaca bismillah seperti ketika akan solat.

2. Haram
Hukumnya haram untuk membaca bismillah yaitu ketika akan minum khomer (minuman yang memabukkan)

3. Sunnah
Yaitu membaca bismillah ketika akan melakukan hal-hal yang sunnah seperti akan wudlu, menyusun kitab yang memberi manfaat.

4. Makruh
Yaitu membaca bismillah semisal akan melihat sesuatu yang dimakruhkan.

5. Mubah
Yaitu membaca bismillah ketika akan melakukan perkara sunnah misalnya memindah harta ke tempat yang lain

Demikianlah 5 hukum membaca bismillah yang tertera dalam kitab nailurroja, semoga bermanfaat.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "5 Hukum Membaca Bismillah saat Beraktifitas"

Kirim pertanyaan anda

Terima Kasih Sudah Berkomentar
 
Copyright © 2014 MATERI KITAB - All Rights Reserved
Template By. Kunci Dunia
Back To Top