Text Bacaan Bilal Shalat Tarawih LENGKAP

Sebentar lagi bulan ramadhan tiba, berarti sebentar lagi kita akan menjani ibadah puasa wajib, dan malamnya akan melaksanakan ibadah sunnah shalat tarawih, maka dari itu kali ini saya akan berbagi tentang Text Bacaan Bilal Shalat Tarawih, barang kali anda mendapat tugas bilal di masjid atau musholla tempat anda akan menjalani shalat tarawih di bulan ramadhan.

Namun sebelum saya bagikan text bacaan bilal untuk shalat tarawih ini ada baiknya anda ketahui terlebih dahulu hukum atau dasar keutamaan-keutamaan shalat tarawih ini. Yang pertama berdasarkan hadits nabi Saw.

Hukum shalat tarawih

Hadist Nabi tentang shalat tarawih:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ: أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ (رواه البخاري ومسلم)

Artinya: Dari Abi Huroiroh ra: sesungguhnya Rasulullah SAW. telah bersabda "Barang siapa yang melakukan ibadah sholat tarawih dibulan Ramadhan hanya karena iman dan mengharapkan ridho dari Allah Swt, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lewat". (HR. Buhori dan Muslim).

Dan hadits yang senada dengan sabda rosul di atas yaitu sabda Rasulullah SAW:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُرَغِّبُ فِي قِيَامِ رَمَضَانَ مِنْ غَيْرِ أَنْ يَأْمُرَهُمْ فِيهِ بِعَزِيمَةٍ فَيَقُولُ مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ (رواه مسلم)

Artinya: "Dari Abi Huroiroh ra: Rasulullah SAW. menggemarkan sholat pada bulan Ramadhan dengan anjuran yang tidak keras. Beliau berkata: "Barang siapa yang melakukan ibadah shalat tarawih dibulan Ramadhan hanya karena iman dan mengharapkan ridlo dari Allah, maka di ampuni dosa-dosanya yang telah lewat". (HR: Muslim).

dari beberapa hadits diatas maka menunjukkan bahwasanya hukum dari shalat tarawih adalah sunnah muakkad, yaitu sunnah yang di kuatkan atau hampir wajib. Dan sekarang kita bahas selanjutnya yaitu bunyi text hadits bilal shalat tarawih di bulan ramadhan.

Text Arab bacaan bilal solat tarawih

Pertama-tama bilal mengucapkan lafadz berikut sebelum melaksanakan shalat tarawih:

صَلُّوْا سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ جَامِعَةَ رَحِمَكُمُ اللهُ
اللهم صل على محمد
اللهم صل على سيدنا ومولا نامحمد

Selanjutnya setelah solat tarawih pertama selesai maka demikikianlah bacaan-bacaan setelah shalat tarawih

1. Bacaan tarawih rokaat 1-2

Bilal : فَضْلًا مِنَ اللهِ تَعَالَى وَنِعْمَةْ
Jama'ah : وَمَغْفِرَةً وَنِعْمَةْ
Bilal : اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ
Jama'ah : َللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَيْهِ
Bilal : اللهم صل على سيدنا ومولا نامحمد
Jamaah : يَا رَسُوْلَ اللَّهِ
Bilal : صَلُّوْا سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ جَامِعَةَ رَحِمَكُمُ اللهُ
Kemudian di lanjutkan lagi shalat tarawih untuk rokaat yang ke 3-4

2. Bacaan Tarawihrokaat 3-4

Bilal : الخليفة الاولى امير المؤ منين سيدنا ابو بكر الصديق
Jama'ah : رَضِيَ اللهُ عَنْهُ
Bilal : اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ
Jama'ah : َللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَيْهِ
Bilal : اللهم صل على سيدنا ومولا نامحمد
Jama'ah : يَا رَسُوْلَ اللَّهِ

Bilal : صَلُّوْا سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ جَامِعَةَ رَحِمَكُمُ اللهُ
Kemudian di lanjutkan untuk shalat tarawih pada rokaat yang ke 5-6, dan bacaannya sama dengan pada rokaat yang ke 1-2, sedangkan setelah rokaat yang ke 7-8 maka sama dengan pada bacaan rokaat yang ke 3-4 namun merubah nama shahabat yaitu seprti berikut:

الخليفة الاولى امير المؤ منين سيدنا ابو بكر الصديق

Kemudian pada rokaat yang ke 9-10 juga sama dengan pada bacaan yang ke 1-2 juga, kemudian untuk rokaat yang ke 11-12 maka merubah nama shabat nabi lagi yaitu sebagai berikut:

الخليفة الثانية امير المؤ منين سيدناعمر ابن الخطاب

Selanjutnya pada rokaat yang ke 13-14 maka sama juga dengan bacaan pada rokaat 1-2 tadi, dan di lanjutkan pada rokaat yang ke 15-16 mengganti nama shahabat khulafaurrosyidin, kali ini nama kholifah yang ke 3 yaitu shahabat Utsaman bin affan, jadi bacaannya adlah sebagai berikut:

الخليفة الثالثة اميرالمؤمنين سيدنا عثمان ابن عفان

Dan di ulang seperti tadi, pada bacaan solat rokaat yang ke 17-18 seperti halnya pada rokaat yang ke 1-2 lagi, dan di lanjutkan pada rokaat yang ke 19-20 maka dengan nama shahabat yang ke 4 yaitu kholifah Ali karramallohu wajhah, jadi bacaannya adalah:

الخليفة الرابعة اميرالمؤمنين سيدناعلى ابن ابى طالب

Dari sini maka bilal sudah selesai menjadi bilal pada sholat tarawih, namun belum solat witir, setelah imam dan para jamaah membaca wirid selesai maka bilal mengajak lagi kepada jamaah untuk solat witir, dengan bacaan sebagai berikut:

Text Bacaan bilal shalat witir pada bulan ramadhan

Bilal : صَلُّوْا سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ جَامِعَةَ رَحِمَكُمُ اللهُصَلُّوْا سُنَّةَ الْوِتْرِ رَكْعَتَيْنِ جَامِعَةَ رَحِمَكُمُ اللهُ
Jamaah : اَلصَّلَاةُ لاَ اِلهَ الاَّ اللّه
Kemudian imam dan para jamaah shalat witir 2 rokaat, setelah selesai maka bilal mengajak solat witir lagi pada rokaat selanjutnya yang 1 rokaat, yang namanya shalat witir maka jumlah rokaatnya ganjil, arti witrun adalah "ganjil" Allah maka ganjil. jadi suka yang ganjil, adapun bacaannya adalah:

Bilal : صَلُّوْا سُنَّةَ رَكْعَةَ الْوِتْرِ جَامِعَةَ رَحِمَكُمُ اللهُ
Jamaah : اَلصَّلَاةُ لاَ اِلهَ الاَّ اللّه
Selesailah sudah Ibadah shalat tarawih serta witirnya, demimikianlah panduan bacaan bilal saat solat tarawih, Untuk do'a do'anya setelah solat tarawih dan witir Insyaallah akan update pada post selanjutnya semoga bermanfaat, salam.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Text Bacaan Bilal Shalat Tarawih LENGKAP"

Kirim pertanyaan anda

Terima Kasih Sudah Berkomentar
 
Copyright © 2014 MATERI KITAB - All Rights Reserved
Template By. Kunci Dunia
Back To Top