6 Wanita Ideal Menurut Islam (kitab Qurratul 'uyuun)

6 Wanita Ideal Menurut Islam Dalam kitab Qurratul 'uyuun. KAMASUTRA ISLAMI, Baiklah pemirsa blog materikitab.blogspot.com kali ini akan saya bagikan tentang Kamasutra islami tentang istri dan baik untuk di simak baik bagi para wanita mauoun calin suami sebelum menentukan Pilihan Peremouan sebagai Istrinya yaitu 6 (enam) Wanita Ideal Menurut Islam yang tertera dalam itab Qurratul 'uyuun.

Wanita Ideal Menurut Islam

الدنيا متاع وخير متاعهاالمرأة الصالحة في رواية وخير متاعهاالمرأة تعين زوجها على الأخرة

“Dari Abdullah bin Amar ra. bahwasannya Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: Dunia adalah perhiasan , dan sebaik-baik perhiasan itu adalah wanita shalihah.” (H.R. Muslim)

Dalam Riwayat lain :” sebaik baiknya perhiasan dunia adalah seotang istri yang menolong suaminya untuk urusan akhirat.

Rasulallah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

ما استفاد المؤمن بعد تقوى الله خيرا له من زوجة صالحة إن أمرها أطاعته وإن نظر إليها سرته وإن أقسم عليها أبرته وإن غاب عنها نصحته في نفسها وماله

artinya: "Tidak ada yang paling berfaedah setelah bertakwa kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala selain memiliki istri yang sholihah, jika suami memerintahkan-nya, maka ia mentaatinya, jika suami memandangnya, maka dia menyenangkannya, jika suami bersumpah kepadanya maka dia memperbaikinya, jika suami tidak ada disisinya, maka dia menjaga diri dan harta suaminya".

Rasulallah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: Barang siapa yang menikahi wanita karena kemuliaannya maka Allah tidak akan menambahkan kecuali kehinaan . Barang siapa yang menikahi wanita karena hartanya maka Allah Subhanahu wa Ta'ala tidak akan menambahkan kecuali kemiskinan. Barang siapa yang menikahi wanita karena kecantikannya maka Allah tidak akan menambahkan kecuali kerendahan. Dan barang siapa yang menikahi wanita tanpa tujuan lain, kecuali meredam sahwatnya dan untuk menjaga kesuciannya dari perbuatan zina, atau berniat menyambung ikatan keluarga maka Allah akan memberkahi istrinya. Sedangkan seorang budak hitam namun kuat imannya adalah lebih utama

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

من كان له ولد وعنده ما يزوجه به ولم يزوجه وزنى فإن الإثم بينهما

Artinya: "Barang siapa memiliki anak dan mampu untuk mengawinknnya, namun tidak mau mengawinkan-nya, kemudian anaknya berzina, maka dosa untuk kedua orang tuanya".

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

تُنْكَحُ الْمَرْأَةُ لأرْبَعٍ: لِمَالِهَا وَلِحَسَبِهَا وَجَمَالِهَا وَلِدِينِهَا، فَاظْفَرْ بِذَاتِ الدِّينِ، تَرِبَتْ يَدَاكَ

“Seorang wanita dinikahi karena empat perkara, yaitu : karena harta, keturunan, kecantikan dan agamanya. Maka menikahilah wanita yang kuat agamanya, maka kamu memperoleh kebahagiaan”

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

مَنْ أَرَادَ أَنْ يَلْقَى اللَّهَ طَاهِرًا مُطَهَّرًا فَلْيَتَزَوَّجْ الْحَرَائِرَ

“Barang siapa ingin bertemu allah dalam keadaan suci dan disucikan, maka nikahlah dengan wanita yang merdeka”

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

أربعٌ من سَعَادَةِ المرءِ أن تكونَ زوجتُه صالحةً وأولادُه أبراراً وخلطاؤُه صالحين ومعيشتُه فى بلدِهِ

“Ada empat perkara yang dapat membahagiakan seseorang :

Memiliki istri sholihah, Anak anak yg baik Bergaul bersama orang-orang shalih,Rejeki yg diperoleh dari negri sendiri”

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

خير نساء أمتي أصبحهن وجها، وأقلهن مهرا

“Sebaik-baik wanita dari umatku ialah yang berwajah ceria dan sedikit maharnya”

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda

تَزَوَّجُوا الْوَدُودَ الْوَلُودَ فَإِنِّى مُكَاثِرٌ بِكُمُ الأَنْبِيَاءَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

“Nikahlah wanita yang memiliki jiwa kasih sayang, dan banyak anaknya, karena sesungguhnya aku akan membanggakan kebanyakan jumlah kalian dihadapan para nabi terdahulu pada hari kiamat”

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda kepada zaid bin tabit : “Hai zaid, apakah engkau sudah menikah?” Zaid menjawab “belum” Nabi saw bersabda “Menikahlah, maka akan terjaga kesucianmu, sebagaimana kamu menjaga kesucian dirimu. Dan jangan kamu menikah dengan 5 golongan wanita” zaid bertanya “siapakah mereka ya rasulallah ?” Nabi saw menjawab “mereka adalah, Syahbarah, Lahbarah, Nahbarah, Handarah, Lafut. ” Zaid bertanya “Ya rasulullah, Aku tidak mengerti engkau katakan” Kemdian nabi saw menjelaskan,

Syahbarah : Wanita yang bermata abu-abu dan jelek tutur katanya. Lahbarah : Wanita yang tinggi dan kurus. Nahbarah : Wanita tua yang senang membelakangi suaminya (ketika tidur). Handarah : Wanita yang kuntet dan tercela. Lafut : Wanita yang melahirkan anak dari laki-laki selain kamu.

Seorang laki-laki datang kepada rasulullah dan berkata “Ya rasulullah, aku ingin menikahi seorang wanita yang baik dan cantik, tetapi dia mandul, apakah aku boleh menikahinya?”

Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam menjawab “jangan”. lalu dia datang lagi pada rasulullah untuk kedua kalinya, Rasul tetap melarangnya. Kemudian datang lagi untuk ketiga kaliya, nabi saw tetap melarangnya menikahi wanita itu, dan beliau bersabda “Menikahlah kalian dengan wanita yang selalu menyenangkan hati dan banyak anaknya. Karena sesungguhnya aku akan membanggakan banyaknya jumlah kalian dihadapan umat terdahulu pada hari kiamat ”

والله الموفق الى اقوم الطريق

By : Asimun ibnu mas'ud
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "6 Wanita Ideal Menurut Islam (kitab Qurratul 'uyuun)"

Kirim pertanyaan anda

Terima Kasih Sudah Berkomentar
 
Copyright © 2014 MATERI KITAB - All Rights Reserved
Template By. Kunci Dunia
Back To Top